Monday 17 July 2017

ADMINISTRASI USAHA

ADMINISTRASI USAHA



Persiapan Adminstrasi Usaha

Kebanyakan kegagalan sebuah usaha banyak berawal dari tidak adanya system administasi yang teratur, akurat, detail, dan rapi untuk dijadikan sebuah alat dalam melakukan analisa kinerja perusahaan dan bagian-bagiannya.


Administrasi

Kata administrasi berasal dari kata bahasa latin, yaitu ad yang artinya intensif, dan ministare yang artinya adalah melayani, membatu, melengkapi, dan memenuhi. Kata administrasi yang sering digunakan dalam bahasa indonesia berasal dari bahasa belanda yaitu “ administratie” yang dalam bahasa inggris adalah “administration”. Menurut pendapat jhon M. P. Fiffer, administrasi merupakan bagian yang digunakan untuk system pencatatan, perorganisasian, pengkelompokan, dan penjurusan data dari sumber” manusia dan bahanya untuk mencapai tujuan yang diinginkan .


Maksud Dan Tujuan Administrasi

Maksud dan tujuan dari diterapkan administrasi yang baik dan rapi adalah membatu kelancaran usaha dan pengelolaan perusahaan, khususnya dalam pencatatan dan pelaporan hasil usaha. Tujuan penting diterapkan administrsiyang baik adalah sebagai berikut :

1.Mendapatan informasi atas kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh perusahaan.
2.Mendapatakan data yang akurat dalam tujuan yang mengmbil keputusan strtegis (strategic decision making process) seperti keputasan pemodalan, keputusan investasi, keputusan efisien, dan keputasan penetapan harga .
3.Penyusun program dalam rencana pengembangan usaha seperti waralaba (franchise) atau lisensi.

Adapun kegunaan utama dari catatan administrasi perusahaan adalah sebagai berikut :
  1. Administrasi digunakan sebagai alat bukti (catatanya)
  2. Administrasi diguankan sebagai alat manajemen (laporanya)
  3. Administrasi dibutuhkan sebagai penilian ( catatan dan laporannya)


kegiatan administrasi

Dengan demikian kegiatan administrasi atau tata usaha memiliki bagian pekerjaan tersendiri, meliputi memegang seluruh pekerjaan pencattan dalam perusahaan, diantarannya:
  1. Menyelenggarakan pembukuan
  2. Membuat daftar gaji karyawan
  3. Mencatat penyenggaraan produksi

No comments:

Post a Comment

Share & Subscribe Now

ADMINISTRASI USAHA

ADMINISTRASI USAHA Persiapan Adminstrasi Usaha Kebanyakan kegagalan sebuah usaha banyak berawal dari tidak adanya system admi...